Minggu, 01 Mei 2016

Ulang Tahun KA Malabar

Indonesia Railway News - kemarin 30 April 2016 adalah tepat 6 tahun beroperasinya KA Malabar relasi Bandung-Malang Kota Baru.
Perjalanan perdana KA Malabar ini dilakukan secara bersamaan dari stasiun Bandung dan stasiun Malang pada 30 April 2010 pukul 15.30 WIB. Peresmian dari stasiun Bandung dilakukan oleh Menteri BUMN saat itu,
Mustafa Abubakar, Dirjen Perkeretaapian Tundjung Inderawan , dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, didampingi pejabat terkait lainnya.

    KA Malabar menempuh jarak sejauh 779 km dengan waktu tempuh kurang lebih 16 jam ini berhenti di Bandung , Kiaracondong, Cipeundeuy,
Tasikmalaya , Banjar , Kroya, Gombong, Karanganyar ,
Kutoarjo , Yogyakarta , Solo Balapan ,e Paron, Madiun,e
Nganjuk , Kertosono , Kediri, Tulungagung , Blitar , Wlingi ,
Kepanjen, Malang Kotalama (hanya KA 100, ke arah timur), dan terakhir Malang.
KA ini adalah realisasi dari aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya KA langsung dari Bandung ke Malang , Jawa Timur. KA Malabar merupakan salah 1 KA yang merangkai semua kelas KA dalam 1 rangkaian yaitu eksekutif, bisnis, dan ekonomi AC. KA ini biasanya beroperasi dengan stamformasi 3 K1(Kereta Eksekutif), 2 K2(Kereta Bisnis), 2 K3(Kereta Ekonomi), 1 KMP(Kereta Makan & Pembangkit) dan 2 Kereta Bagasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar