Minggu, 05 Juni 2016

Seputar Tentang KRL KfW - i9000


Indonesia Railway News - Kereta Rel Listrik i9000 (KRL KfW) adalah kereta rel listrik AC produksi PT . INKA (Industri Kereta Api) Madiun yang beroperasi di lintas Jabodetabek . KRL ini dibeli oleh Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) sejumlah 40 unit (10 set), dan disponsori oleh bank milik Pemerintah Federal Jerman , yakni "Kreditanstalt für Wiederaufbau" (KfW), yang namanya diidentikkan dengan KRL ini . PT . INKA bekerjasama dengan Bombardier Transportation untuk membuat KRL ini dan selesai pada tahun 2011. Total 40 unit (10 set) berformasi 4 kereta mulai di pindahkan dari pabrik PT . INKA , Madiun ke Jakarta dan melalui serangkaian ujicoba untuk melihat performa dan kehandalannya.

Pada awal tahun 2013, KRL yang bentuknya mirip dengan KRL-I ini menjalani ujicoba operasi sebelum dioperasikan pada saat ini. 

Karena hanya berformasi 4 kereta per set-nya, 2 Train Set (TS) akhirnya digabung menjadi satu sehingga menjadi 8 kereta per set-nya. Set pertama beroperasi adalah gabungan TS1+TS2 dan TS9+TS10 pada tanggal 19 Februari 2013, disusul TS3+TS4 dan TS5+TS6 pada tanggal 7 Maret 2013, serta TS7+TS8 pada tanggal 27 Maret 2013. KRL ini juga sempat dioperasikan dengan rangkaian set tunggal (1 TS) , untuk KRL Feeder sebelum dioperasikan bergabung 2 TS untuk memenuhi formasi 8 kereta dalam 1 rangkaian . 

Pada awal ujicoba operasi , KRL ini hanya berdinas di lintas Duri-Tangerang Tanahabang-Maja, serta Feeder lintas Kampung Bandan-Jakarta Kota dan Manggarai-Tanahabang-Kampung Bandan-Jakarta Kota, semua pp . Namun kini KRL itu hanya berdinas di lintas Jakarta Kota - Kp . Bandan dan Jakarta Kota - Tanjung Priok di karenakan banyak mengalami masalah saat berdinas dengan jarak yang jauh . Meski ini hanya sebagai KRL Feeder dan jarang beroprasi di lintas padat seperti Jakarta Kota - Bogor namun sebagian rangkaian ini masih di simpan di dipo induk KRL Depok .

Di Lansir Dari       : Wikepedia Indonesia
Di Perbaiki Oleh   : Indonesia Railway News
Di Dukung Oleh    : Pecinta Sepur Kostrad 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar