Sabtu, 28 Mei 2016

Beberapa Semboyan Kereta Api Yang Mungkin Belum Di Ketahui Banyak Orang

Indonesia Railway News - kali ini IRN akan membahas tentang beberapa seboyan - semboyan yang mungkit tidak di ketahui orang banyak , mari simak penjelasan nya .

Semboyan 1



semboyan ini adalah seboyan yang mengisyaratkan masinis bahwa jalur yang akan di lewati sudah aman , prosedur penggunaan semboyan ini adalah PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) berdiri tegak di pinggir peron , tidak jarang pula PPKA melambaikan tangan kepada masinis tanda sapa-an . semboyan ini adalah seboyan sementara , artinya seboyan ini tidak kekal kehadiran nya dan bisa di akhiri .

Semboyan 2

Seboyan ini adalah seboyan yang mengisyaratkan masinis agar tidak menggerakan lokomotif lebih dari kecepatan yang sudah di tentukan , akngka 6 pada gambar mengisyaratkan bahwa lokomotif tidak boleh melebihi kecepatan 60 KM/jam . semboyan ini adalah semboyan tetap , artinya semboyan ini tidak dapat berpindah atau kehadiran nya kekal .

Semboyan 2A

Semboyan ini adalah seboyan yang mengisyaratkan masinis agar tidak menggerakan lokomotif melebihi kecepatan 40KM/jam . semboyan ini ada yang tetap dan ada pula yang sementara , semboyan 2A yang sementara adalah semboyan yang di pegang oleh orang pada gambar .

Semboyan 2A1
sembyan ini hampir sama dengan semboyan 2A , bedanya semboyan ini hanya di peruntukan untuk KRL saja .

Semboyan 2H

Semboyan ini adalah semboyan yang mengisyaratkan masinis agar meminta persetujuan kecepatan dari PPKA , apa bila PPKA hanya mengizinkan 30 KM/jam maka masinis akan berjalan tidak melebihi kecepatan itu sampai ada semboyan lain yang mengisyaratkan perubahan kecepatan .

Semboyan 2B

sama seperti semboyan 2 yang lain nya , semboyan ini ada yang tetap dan ada yang sementara , semboyan ini mengisyaratkan kepada masinis untuk berjalan tidak melebihi 20 KM/jam .

Semboyan 2B1

semboyan ini hampir sama dengan semboyan 2B , hanya saja ini di peruntukan untuk KRL .


Semboyan 3

semboyan ini mengisyaratkan masinis agar segera berhenti karena jalur tidak aman , semboyan ini ada yang tetap dan ada pula yang sementara seperti pada gambar . bentuk semboyan pada siang hari yang di beri Huruf C mengisyaratkan jalur buntu atau akhir dari rel .


Semboyan 4A

Semboyan ini adalah semboyan sementara yang berupa petugas membawa papan persegi panjang berwarna kuning dan bergaris pinggir hijau dengan kedua tangan dan diletakkan d atas kepala. Semboyan 4A mengisyaratkan kereta api berjalan hati-hati melewati sinyal masuk yang menunjukkan indikasi berhenti atau melewati batas berhenti jalur kiri pada jalur ganda . pada gambar yang asli menunjukan Petugas Rumah Sinyal (PRS) sedang mengangkan semboyan ini .

Semboyan 5

semboyan ini termasuk semboyan tetap walaupun dapat di ubah ubah warna nya atau posisi tuas nya , semboyan ini adalah semboyan beraspek sinyal hijau , arti nya kereta api di perbolehkan berjalan atau berangkat dari stasiun . 

Semboyan 6

sama seperti semboyan 5 , semboyan 6 adalah semboyan tetap , hanya bedanya semboyan ini adalah aspek sinyal kuning yang arti nya kereta di perbolehkan bergerak tetapi harus bergerak dengan hati hati .

Semboyan 6B

semboyan ini adalah semboyan tetap , semboyan ini mengisyaratkan masinis bahwa gerakan langsir telah di prbolehan dan jalur tempat langsir aman .

Semboyan 7

Semboyan ini adalah semboyan tetap , semboyan ini adalah aspek sinyal merah , mengisyaratkan masinis untuk tidak bergerak/berhenti .

Semboyan 8

semboyan ini adalah semboyan tetap , semboyan ini mengisyaratkan masinis bahwa dalam 1000 m lagi , kereta akan melewati sinyal masuk stasiun , dan kereta wajib di perlambat .

Semboyan 8A


semboyan in1 mengisyaratkan masinis tentang keadaan/kedudukan sinyal masuk stasiun .

Semboyan 8B


Semboyan ini mengisyaratkan masinis tentang keadaan/kedudukan sinyal keluar stasiun


Semboyan 8E

semboyan ini mengisyaratkan kepada masinis bahwa jalur itu adalah batas berhenti langsir 

Semboyan 8K

semboyan ini adalah semboyan tetap , semboyan ini mengisyaratkan masinis agar mengumandangkan semboyan 35 yaitu klakson panjang kereta api .


Itulah tadi semboyan semboyan yang mungkin belum banyak orang yang tahu , sebenar nya semboyan kereta api ada lebih dari 50 jenis , tetapi kami hanya menyediakan beberapa saja agar tidak membt bosan para pembaca , apa bila kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi , silahkan menuju web lain . kami ucapkan mohon maaf .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar