Senin, 06 Juni 2016

Apa Pekerjaan Yang Dilakukan Juru Langsir Kereta Api ??

Juru Langsir Kereta Api

Indnesia Railway News - sebelum saya medeskripsikan apa sebenar nya pekerjaan juru langsir itu , terlebih dahulu saya akan meneskripsikan apa sih arti dali LANGSIR . mai kita simak bersama sama .

PENGERTIAN LANGSIR

Rangsir (atau lebih populer sebagai langsir) adalah pergerakan rangkaian kereta gerbong , atau hanya lokomotif untuk berpindah rel . Perpindahan jalur diperlukan untuk memisahkan dan merangkaikan kereta atau gerbong .
Karena proses langsir membutuhkan keahlian khusus agar dapat berlangsung aman, kegiatan rangsir biasanya dipandu oleh seorang juru langsir . Juru rangsir dapat turun langsung ke lapangan rangsir atau mengendalikan dari rumah rangsir Kata rangsir merupakan adaptasi istilah dari bahasa Belandarangeer .
tujuan dari langsir sendiri adalah untuk :
1 . menyusun rangkaian kereta api agar rangkaian kereta bisa berurutan dari no 1 - 9/10
2 . menambah gerbong atau mengurangi gerbong dalam rangkaian 
3 . menghapuskan rangkaian, bagi kereta yang akan kembali ke dipo kereta api.

JURU LANGSIR
Juru Langsir Kereta Api Yang Sedang Melakukan Kegiatan Langsir

seperti yang saya ktakan di atas , saya akan mendeskripsikan APA SEBENARNYA PEKERJAAN JURU LANGSIIR ? sebenar nya di atas sudah kita ketahui tugas daru seorang juru langsir , tetapi akan saya jelaskan lebih detai lagi .

ada pasti tidak akan tau bagaimana repot nya petugas KAI di stasiun pada saat melakukan langsir , apa lagi yang di langsir adalah 1 rangkaian penuh , biasanya juru langsir yang bertugas untuk 1 rangkaian adala 4 sampai 5 orang dan PPKA yang bertugas hanya 1 orang . 

Tugas PPKA di pelangsiran adalah memindah wesel/jalur dan berkomunikasi dengan sang juru langsir kemudian , Juru langsir menerima apa yang di isyaratkan oleh PPKA melaui HT (Handy Talky) . sementara itu tugas dari juru langsir sendiri adalah memimpin jalan nya pelangsiran , apa bila juru langsir tidak ada maka bukan tdak mungkin banyak kereta langsir yang anjlok atau bertabrakan dengan kereta yang sedang berada di jam operasional atau kereta yang sedang berjalan . 

satu per satu juru langsir akan merangkai kereta/gerbong tersebut menjadi kereta/gerbong yang berurutan . 

lalu bangaimana nasib dari masinis dan lokomotif yang menjalankan operasi langsir ? 
ya , nasib dari dari masinis dan lokomotif nya adalah bergerak kesana kemari dan seruntulan kemana mana menyusun gerbong/kereta , tidak jarang lokomotif langsir bergerak maju mundur keluar dipo untuk mengambil dan menyusun gerbong (tidak mungkin gerbong di dorong oleh manusia) . setelah rangakian jadi , rangkaian kereta api harus di langsir masuk stasiun , rangkaian di keluarkan dari jalur pelangsiran menuju jalur operasiunal stasiun , tidak jarang hanya gara gara 1 rangkaian ini di langsir masuk stasiun , kereta api yang sedang beroprasi harus di tahan di luar sasiun agar tidak terjadi tabrakan . 

ya , jadi sekarang anda tahu bahwa pekerjaan juru langsir itu tidak mudah dan sangat sangat merepotkan alias ribet , tapi jika anda senang dengan pekerjaan ini hal itu akan semudah membalikan telapak tangan . 

mohon maaf apa bila ada kata yang di putar putar atau tidak jelas , maklum lagi puasa.....

Di Dukung Oleh    : Pecinta Sepur Kostrad
Gambar                  : Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar