Selasa, 03 Mei 2016

PT . KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Semakin Mrmperbanyak Fasilitas Untuk Penyandang Disabilitas

Indonesia Railway News - PT KCJ terus meningkatkan pelayanan KRL untuk penumpang dengan disabilitas. Sejumlah inovasi maupun standar pelayanan telah dipenuhi demi memperbaiki aksesibilitas stasiun dan KRL. 

Pada awal tahun 2016 ini PT KCJ telah menyiapkan kursi roda pada setiap stasiun KRL Jabodetabek, serta memasang fasilitas ramp dan gate manual di 21 stasiun KRL Jabodetabek. Fasilitas ini dapat membantu penumpang dengan disabilitas selama berada di area stasiun., maupun untuk keluar/masuk.Fasilitas Papan Informasi KRL (PIK) juga sudah terpasang di 38 stasiun KRL Jabodetabek. PIK berisi informasi posisi KRL yang akan tiba di stasiun tersebut.

Papan informasi stasiun tujuan akhir KRL juga sudah terpasang pada kabin masinis KRL, agar pengguna dapat memastikan tujuan akhir kereta.Informasi visual saat ini telah tersedia bagi pengguna dengan disabilitas di dalam KRL. Pengguna akan mudah menemukan informasi melalui layar Sistem Informasi Penumpang (SIP) yang terpasang di KRL, serta papan-papan petunjuk. Informasi yang tersedia antara lain mengenai stasiun berikutnya, tujuan akhir KRL, aturan dan larangan di dalam KRL, serta petunjuk keadaan darurat.

Selain pengguna pada umumnya, pengguna KRL dengan disabilitas tuna rungu sangat terbantu dengan adanya media informasi ini.Sementara bagi para tuna netra yang menggunakan KRL, informasi audio tersedia di dalam stasiun maupun KRL melalui announcement.

Di dalam stasiun, posisi kereta yang akan datang secara mendetil dan terus menerus selalu diumumkan oleh announcer stasiun. Di dalam KRL, terdapat pengumuman dari Petugas Pelayanan KRL (PPK) maupun melalui alat GPS otomatis. Informasi mencakup stasiun pemberhentian berikutnya dan himbauan-himbauan terkait keselamatan menggunakan KRL.

Selain beragam bentuk pelayanan dan informasi tersebut, pengguna dengan disabilitas juga dapat meminta bantuan dari seluruh petugas KCJ. Selama di dalam stasiun maupun perjalanan KRL, petugas passenger service, keamanan, dan kebersihan juga sigap membantu penumpang dengan disabilitas. Penyediaan kursi roda diseluruh Stasiun KRL Jabodetabek juga telah di penuhi PT KCJ. Seluruh peningkatan layanan yang aksesibel ini akan terus dipenuhi secara bertahap demi mewujudkan KRL Commuter Line sebagai ”Best Choice for Urban Transport”.​

Tidak ada komentar:

Posting Komentar