Rabu, 01 Juni 2016

(Vol . 2) Amerika Serikat , Negara Peng-ekspor Lokomotif Kereta Api Jarak Jauh


Kereta Api AMTRAK di Amerika Serikat
Indonesia Railway News - Sama seperti sebelumnya , Amerika Serkat juga merupakan negara yang sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta kereta api , kenapa demikian ? Negara Amerika Serikat kan jarak nya jauh ? Mari simak informasi berikut ini .


Pasti di antara anda (Masyarakat Awam) ada yang bertanya tanya , darimana datang nya lokomotif-lokomotif yang biasa nya menarik Kereta Api Jarak Jauh ? apakah PT . Kereta Api Indonesia sendiri yang membuat lokomotif-lokomotif tersebut ? atau di Impor dari negara lain ? dan jawaban nya adalah........... Impor dari negara lain.......


sama seperti KRL yang sebelum nya di bahas di Vol . 1 , sebagian besar lokomotif yang sekarang ini berdinas di impor dari luar negri , negara yang mengekspor lokomotif-lokomotif itu adalah Negara Amerika Serikat . Berbeda dengan KRL bekas yang di Impor dari Jepang , Lokomotif untuk Indonesia yang di ekspor oleh Amerika Serikat masih baru dan sudah di Cat Orange - Biru - Putih dari pabrik nya , pabrik yang memproduksi sebagian besar lokomotif indonesia bernama GE - Trasportation , Siapakah GE - Ransportation sebenarnya ? mari simak sedikit ulasan di bawah ini .


GE Transportation , dulunya GE Rail , adalah divisi General Electric . Perusahaan ini memproduksi peralatan untuk industri sarana perkeretaapian, kelautan , pertambangan, pengeboran, dan pembangkit energi . Berkantor pusat di Chicago , Illinois sedangkan parbik utamanya berada di Erie , Pennsylvania . Lokomotif dirakit di pabrik Erie, sedangkan mesin di Grove City , Pennsylvania.Bulan Mei 2011 , perusahaan ini berencana untuk membangun parbik lokomotif kedua di Fort Worth, Texas untuk memenuhi permintaan yang meningkat .

Di Indonesia, perusahaan ini merupakan salah satu pabrik lokomotif yang sangat dipercaya oleh PT Kereta Api Indonesia untuk memproduksi lokomotif diesel unggulan KAI mulai angkutan penumpang hingga barang, semenjak masih bernama Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKA) . Lokomotif yang diproduksi oleh pabrik ini adalah CC201CC203BB203, dan CC206. Dahulu pada tahun 1953, pada saat perusahaan itu bernama Alco-GE (kerja sama dengan American Locomotive Company), DKA mengimpor CC200 . GE Transportation juga bekerja sama dengan PT Inka untuk memproduksi CC204 generasi kedua dengan memproduksi komponen mesinnya, sedangkan bodinya dibuat dan dirakit di PT Inka . 

Ingin tahu bagaimana bentuk dari lokomotif-lokomotif tersebut ? mari simak Ringkasan nya Berikut Ini.....

BB - 203

Buatan General Electric Transportation, adalah lokomotif diesel elektrik milik PT Kereta Api Indonesia dengan transmisi daya DC-DC yang mulai beroperasi sejak tahun 1978 . Lokomotif BB 203 ini bernomor model GE U18A1A.

Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC 201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC 201 bergandar Co-Co, yaitu setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, maka lokomotif BB 203 bergandar (A1A)-(A1A), yaitu setiap bogienya juga memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogie-nya yang digunakan sebagai gandar penggerak. Jika lokomotif CC201 memiliki 6 motor traksi, maka lokomotif BB203 hanya memiliki 4 motor traksi.

CC - 200 ( Pensiun )

Lokomotif CC200 dengan nomor model AlCO-GE UM 106T adalah lokomotif diesel elektrik pertama di Indonesia , buatan pabrik General Electric tahun 1953 . Lokomotif diesel elektrik dengan berat 96 ton ini dipesan oleh Indonesia sebanyak 27 buah. Lokomotif CC 200 yang tersisa sekarang berada di museum Kereta api Ambarawa yaitu CC 200 15 yang masih dirawat dengan baik untuk dilestarikan. Dua "saudara" terakhirnya, CC 200 08 dan CC 200 09 sudah dikirim ke Balai Yasa Yogyakartasetelah dinyatakan pensiun .

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1.750 Horse Power (HP) dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Co'2'Co' artinya , lokomotif ini memiliki dua bogie penggerak masing-masing dengan 3 gandar penggerak dengan 6 motor traksi dan satu bogie idle yang terdiri dari dua pasang roda.

Perlu diketahui bahwa meskipun lokomotif CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama di Indonesia sebagaimana banyak dijelaskan, ternyata pada buku berjudul Het Indische Spoor in Oorlogstijd , halaman 154-155, ada lokomotif diesel yang diproduksi oleh De Vulkaan Surabaya, yaitu kelas 5006 . Lokomotif ini menggunakan mesin bekas artileri Jepang dengan enam silinder dan rangka dasar gerbong SS , serta diperuntukkan bagi KNIL selama Perang Kemerdekaan .

CC - 201
Lokomotif CC 201 adalah lokomotif diesel elektrik selanjut nya , lokomotif ini adalah milik PT . Kereta Api Indonesia yang diproduksi oleh General Electric Transportation dengan jenis model U18C . Lokomotif CC 201 mempunyai konstruksi yang ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 hp. Lokomotif ini bergandar Co'Co' . Artinya lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar dengan total 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan. Lokomotif ini sama seperti lokomotif GE lainnya , mampu berlari sampai kecepatan 120 km/jam , meskipun kecepatan kereta api saat ini dibatasi maksimal 90 km/jam .

Sepanjang kariernya, lokomotif ini telah berpengalaman menarik berbagai jenis KA, mulai dari kereta eksekutif, bisnis, ekonomi, campuran, sampai kereta barang/kargo. Namun, saat ini CC 201 lebih banyak dioperasikan untuk Kereta Api kelas bisnis, campuran, ekonomi, dan lokal .

CC 201 juga merupakan salah satu lokomotif GE Transportation yang paling sukses di Indonesia , mengingat ketersediaan suku cadang yang cukup dan mesin yang mirip dengan CC 203 CC 204 , dan CC 206 (semua bermesin GE 7FDL-8) . Posisi lokomotif diesel hidraulik (DH) di Sumatera dan Jawa pun juga banyak terganti oleh lokomotif ini , khususnya sejak CC 206 mulai beroperasi .

CC -203
Lokomotif CC 203 adalah lokomotif diesel elektrik milik PT Kereta Api Indonesia yang diproduksi oleh General ElectricTransportation dan PT GE Lokomotif Indonesia dengan nomor model U20C . Menurut Ir . Hartono, A.S . , M.M . , dosen STTDBekasi, dalam komentarnya di Majalah KA edisi Mei 2014, lokomotif ini adalah "lokomotif hasil pengembangan desain darilokomotif CC 201" dari segi data teknis, namun pada bentuk kabin masinis ujung pendeknya yang aerodinamis , serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang liar .

Lokomotif ini bergandar Co'Co' . Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie yang mempunyai tiga poros/gandar penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri .

Yang membedakan adalah lokomotif CC 203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat Turbocharger sehingga dayanya mesinnya 2.150 Horse Power (HP) . 

CC - 204

CC 204 Generasi 1










CC 204 Generasi 2










lokomotif CC 204 adalah lokomotif diesel elektrik milik PT Kereta Api Indonesia. Lokomotif ini dirakit khusus untuk PT KAI oleh PT Industri Kereta Api (Persero)Madiun dengan lisensi dari General Electric Transportation. Lokomotif kelas ini terbagi menjadi dua seri, yaitu CC 204 seri pertama yang merupakan model GE C18MMi dengan short hood spartan (seperti CC 201), dan CC 204 seri kedua yang merupakan model GE C20EMP dengan hidung aerodinamis (seperti CC 203).

Kedua seri sama-sama bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie yang mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri. Lokomotif ini mempunyai komponen komputer BrightStar Sirius™ yang dikembangkan oleh General Electric sehingga lokomotif jenis ini mampu memitigasi kerusakan sekitar 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi.

Kini mayoritas lokomotif ini terletak di Depot Lokomotif KertapatiPalembang. Lokomotif CC 204 08 dan seterusnya dibeli olehPT Kereta Api Indonesia senilai Rp 20 miliar. Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 12 gerbong kereta penumpang, 35 gerbong datar (GD/PPCW), 40 gerbong batubara ringan (GB/KKBW 30 ton), 20 gerbong Babaranjang (GB/KKBW 50 ton), 25 gerbong ketel minyak (GK/KKW) dan 36 gerbong tertutup (GT/GGW). Kecepatan maksimal lokomotif ini adalah 120 km/jam (tanpa rangkaian), namun diizinkan hingga 90 km/jam (kereta penumpang), dan 50 km/jam (kereta barang).

CC - 206

Lokomotif CC 206 adalah lokomotif diesel elektrik terbaru milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) buatan General Electric TransportationAmerika Serikat . Lokomotif ini memiliki 2 bogie dengan konfigurasi C-C (Co'Co') , yaitu 3 buah roda penggerak di setiap bogie-nya. Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya dengan jenis yang sama adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti halnya lokomotif di Eropa pada umumnya . Lokomotif CC 206 diperuntukkan untuk angkutan barang dan penumpang di Pulau Jawa dan akan didatangkan juga ke Sumatera Selatan pada tahun 2016 ini . Lokomotif CC 206 lebih canggih dibandingkan lokomotif GE sebelumnya , dengan tenaga lebih besar dan tingkat emisi gas buang lebih rendah. Mengingat berat lokomotif ini 90 ton dengan beban gandar sebesar 15 ton , maka jalur rel di Jawa juga disesuaikan untuk mengakomodir lokomotif ini .

Nah , tadi itu adalah lokomotif-lokomotif yang di impor dari Amerika Serikat ke Indonesia , Bagus Bagus Bukan ? jadi sekarang wawasan anda semakin bertambah dengan adanya artikel ini , semoga artikel ini membantu anda yang sedang kebingungan .
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Image Powered By : Google.com
Artikel Ini Di Dukung Oleh : Railfans Kebayoran Community 
Artikel Ini Di Apresiasi Oleh : Perguruan Pencak Silat Pendekar Harimau Putih
Dukungan dan apresiasi ini di dapat dari pihak yang mengajukan nya tanpa ada nya paksaan dan sogokan berupa uang sepeser pun dari pihak Indonesia Railway News (murni 100% inisiatif dari pihak terkait)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kenapa pt.kai tidak beli lokomotif yang besar besar yang dipakai di amerika serikat itu sendiri

Posting Komentar