Rabu, 22 Juni 2016

Seputar Tentang Kereta Api Rangkas Jaya Ekspress

KA Lokal Rangkas Jaya @Stasiun Kebayoran
Indonesia Railway News - Kereta api Rangkas Jaya adalah kereta api kelas ekonomi milik PT . Kereta Api Indonesia yang melayani rute Rangkasbitung Tanah Abang PP . Dioperasikan pada tanggal 28 April 2008 oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal , Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah , Dirjen Perkeretaapian Wendy Aritenang , dan Direktur Utama PT . Kereta Api Indonesia Ronny Wahyudi . Kereta ini merupakan salah satu kereta api penglaju paling diminati karena banyaknya orang yang bekerja di Jakarta meskipun selalu penuh dan kurang aman, para penumpang tetap memilih kereta api ini karena paling cepat di antara transportasi yang lain, juga ini adalah satu-satunya kereta ekspres untuk lintas Jakarta - Rangkasbitung . 

Seiring pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang terus meningkat, keamanan dan kenyamanan penumpang terus ditingkatkan , khususnya dengan keberadaan AC di dalam rangkaian kereta . Sejak peluncurannya kereta ini sudah menyediakan layanan restorasi atau penjualan makanan dan minuman, yang bisa dipesan dari Pramugara/Pramugari kereta api ataupun langsung memesan nya di kereta makan yang biasa nya terdapat di tengah tengah rangkaian kereta .

Kereta api ini  menggunakan lokomotif CC201 atau terkadang CC203. Lokomotif - Lokomotif itu biasanya berasal dari dipo lokomotif Jatinegara atau Tanah Abang , sekarang ini KA Rangkas Jaya sudah menggunakan rangkaian ekonomi AC .

KA Rangkas Jaya menggunakan sistem tempat duduk 100% , artinya tiket hanya dijual sejumlah tempat duduk yang tersedia . Formasi KA Rangkas Jaya pada umumnya adalah sebuah lokomotif, tujuh hingga delapan gerbong ekonomi AC , satu gerbong makan pembangkit, serta satu gerbong bagasi .

Karena merupakan kereta ekspres , maka pemberhentian kereta ini hanya sedikit . yaitu , berhenti di stasiun Tanah Anbang , Kebayoran , Serpong, Parungpanjang , Tigaraksa dan Rangkas Bitung .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar