Senin, 04 Juli 2016

Apa Sih Perbedaan Kelas Eksekutif , Bisnis , Dan Ekonomi ?



Indonesia Railway News - halo sobat IRANES , mohon maaf apabila saya tidak mempublikasikan apa apa belakangan ini . kali ini saya akan membahas seputar perbedaaan kelas Eksekutif , bisnis , dan ekonomi . kenapa saya mempublikasikan prihal ini ? karena latar belakang saya yang suka sebal karena orang awam itu menganggap semua kereta sama . sama sama panjang , sama sama pake mesin , sama sama di jalanin sama masinis , dan sama sama jalan di atas rel . padahal semua itu salah besar . apa bila anda ingin tahu letak kesalahan anda , mari kita simak ulasan berikut ini .

Sebagai angkutan umum/massal , kereta api menjadi tumpuan masyarakat dalam bepergian . Selain murah, kereta api juga memiliki kelebihan lain yaitu cenderung lebih aman dibandingkan angkutan lain , lebih nyaman dan lebih cepat. 

Daya angkut kereta api jauh lebih besar dibandingkan angkutan lainnya . dalam 1 kali perjalanan , kereta api mampu mengangkut ratusan penumpang.

Berdasarkan jenis kelas kereta api terbagi menjadi 3 yaitu kereta api eksekutif , bisnis dan ekonomi . Ketiga jenis ini memiliki kesamaan yaitu semuanya dilengkapi dengan sistem AC . Semua jenis kereta api melarang ada asap rokok di dalam gerbong . Selain itu juga dilarang ada pedagang asongan masuk ke dalam rangkaian kereta api .

namun di antara itu semua pasti ada perbedaan di antara 3 kelas tersebut , perbedaan itu di bagi menjadi 6 yaitu :

1 . Perbedaan harga tiket

Harga tiket kereta eksekutif terpaut cukup mahal nilainya dibanding 2 jenis kereta lainnya. Bahkan harga tiket KA eksekutif hampir sama dengan harga tiket pesawat terbang .

2 . Perbedaan kualitas AC

Jika diurutkan berdasarkan kualitas AC , maka urutan dari yang terbaik adalah KA eksekutif , bisnis lalu di akhiri dengan KA ekonomi . Tetapi ada beberapa kereta api Ekonomi yang kualitas AC nya justru lebih nyaman dibandingkan kereta api bisnis . 

Di kereta eksekutif disediakan selimut dan bantal gratis . Untuk perjalanan malam hari gerbong kereta api eksekutif terasa dingin sekali, sehingga selimut cukup nyaman digunakan .

3 . Perbedaan kualitas tempat duduk

Susunan tempat duduk kereta eksekutif dan bisnis adalah 2-2 , sedangkan kereta ekonomi adalah 2-3 dan ada pula yang 3-3. Kualitas kursi eksekutif juga lebih empuk dan nyaman , bisa di putar , dan bisa diatur kemiringan sandaran nya . 
KA Eksekutif

Kursi kereta bisnis lumayan empuk , dilapis jenis kulit imitasi , hanya bisa diubah arah hadapnya alias di putar . 
KA Bisnis

Sedangkan kursi ekonomi, kursi tidak empuk alias keras, sempit, tidak bisa diubah arah hadapnya karena posisi penumpangnya saling berhadapan.
KA Ekonomi

4 . Perbedaan kecepatan atau waktu tempuh

Kereta api eksekutif lebih cepat karena tidak semua stasiun disinggahi . Jika pada posisi bersamaan , kereta di bawah kelas eksekutif (bisnis dan ekonomi) harus mengalah untuk mendahulukan kereta eksekutif lewat .

5 . Perbedaan kenyamanan dalam perjalanan

Nuansa ruang dalam gerbong eksekutif cukup nyaman dan bersih . Dilengkapi gordin dan sun shading pelindung dari silau sinar matahari . sedangkan KA bisnis dan ekonomi tidak memakai gordin

6 . Perbedaan stasiun yang disinggahi

Di beberapa kota , stasiun untuk kereta api eksekutif dibedakan dengan kereta bisnis dan ekonomi . Misalnya di Yogyakarta untuk kereta kelas eksekutif di Stasiun Tugu , sedangkan layanan untuk kereta kelas bisnis dan ekonomi di Stasiun Lempuyangan . Di Jakarta kereta kelas eksekutif di stasiun Gambir sedangkan kelas bisnis dan ekonomi di Stasiun Pasar Senen. Di Solo , kereta kelas eksekutif di Stasiun Solo Balapan, sedangkan kelas bisnis dan ekonomi di Stasiun Purwosari.

7 . Perbedaan Motif Kereta

1 . Untuk KA Eksekutif Biasa nya menggunakan motif seperti selendang dan memiliki warna Atas Putih dengan garis kuning dan bawah abu abu seperti gambar .


2 . Untuk KA Bisnis , Biasanya menggunakan motif Seperti Pecut yang terdapat pada gambar di bawah ini , tetapi sebelum ada Kereta motif ini dia mengginakan motif sederhana dengan paduan warna putih di atas , kuning sebagai garis dan biru sebagai bawah 




3 . untuk kereta api ekonomi , di bagi menjadi dua , ada yang menggunakan motif seperti ombak pada gambar yang atas , dan ada juga yang menggunakan motif sederhana dengan dominan orange seperti gambar bawah 



Dalam satu rangkaian kereta api ada juga kereta yang menyediakan kombinasi kelas , yaitu kelas eksekutif dan kelas bisnis seperti KA Gumarang jurusan Jakarta – Surabaya . KA Sancaka jurusan Yogyakarta – Surabaya dan KA Tegal Bahari Jurusan Jakarta - Tegal . dan ada juga  kereta api yang dalam satu rangkaian terdapat seluruh kelas (Eksekutif , Bisnis , dan Ekonomi) seperti misal nya KA Harina yang memiliki rute Bandung – Surabaya dan KA Pangrango yang memiliki rute Bogor - Sukabumi . kereta seperti ini biasa di sebut Kereta Api Gado-Gado oleh sebagian kalangan .

Ciri kereta api yang murni seluruh rangkaiannya adalah kelas eksekutif yaitu memiliki imbuhan nama Argo seperti Argo Bromo Anggerk , Argo Wilis , Argo Lawu , Argo Dwipangga , Argo Sindoro , Argo Parahyangan , Argo Muria ,  Argo Jati , dan masih banyak yang lain nya . 

ada juga kereta api yang seluruh nya eksekutif tetapi tidak memiliki imbuhan Argo yang di antara nya adalah KA Sembrani , KA Bima , KA Taksaka dan masih banyak yang lain nya .




Image : Powered By Google.Com

6 komentar:

Pendekar Harimau Putih mengatakan...

Thanks For Information Kak . Kapan Kapan Posting Sejarah St . Pasar Senen Dong...

Pendekar Harimau Putih mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Achmad Irwanto mengatakan...

berguna syekali

Unknown mengatakan...

kalau kursi berhadapan itu urutannya bagaimana ? 1-2, 3-4. 5-7, 7-8, atau 1. 2-3.4-5 atau bgaimana ya

Raki Fariz Pangestu mengatakan...

Kalau yang sekarang/2018 kereta kelas eksekutif itu berjumlah 50 kursi dan bisnis 64 kursi dengan konfigurasi 2-2, hanya perbedaan nya pada tahun ini PT.INKA telah membuat gerbong kereta ekonomi baru dengan konfigurasi 2-2 yang dimuat dalam 1 gerbong berjumlah 80 kursi
(hanya menambahkan saja yaa)

Raki Fariz Pangestu mengatakan...

Kalau yang sekarang/2018 kereta kelas eksekutif itu berjumlah 50 kursi dan bisnis 64 kursi dengan konfigurasi 2-2, hanya perbedaan nya pada tahun ini PT.INKA telah membuat gerbong kereta ekonomi baru dengan konfigurasi 2-2 yang dimuat dalam 1 gerbong berjumlah 80 kursi
(hanya menambahkan saja yaa)

Posting Komentar