Jumat, 08 Juli 2016

Seputar Tentang Stasiun Pasar Senen


Indonesia Railway News - Halo sobat IRANES , kali ini saya akan membahas seputar tentang stasiun pasar senen yang berada di Daerah Oprasi (DAOP) 1 Jakarta . mau tau info nya . yuk simak ulasan berikut ini .

Stasiun Pasar Senen atau yang di singkat PSE adalah stasiun besar yang terletak di daerah  Senen , tepatnya di wilayah ramai di dekat Gelanggang Remaja Planet Senen dan pusat perbelanjaan Pasar Senen , Jakarta Pusat . 

Stasiun ini melayani kereta api penumpang dengan kelas Campuran (Bisnis - Ekonomi) , bisnis AC , dan ekonomi AC dari dan menuju kota-kota penting khusus nya di Pulau Jawa seperti Yogyakarta , Semarang , Bandung , Surabaya , Malang , Jakarta , Tegal , Dll . 

stasiun Pasar Senen juga melayani Oprasional KRL , artinya KRL berhenti di stasiun ini untuk menaik turunkan penumpang dari arah stasiun Bekasi dan Jatinegara maupun dari arah Duri dan Tanah Abang . 

sedangkan untuk kedatangan dan keberangkatan kereta api penumpang kelas eksekutif dan kelas campuran eksekutif bisnis dilayani di Stasiun Gambir 


Stasiun Pasar Senen dibangun pada tahun 1916 dan diresmikan pada tanggal 19 Maret 1925 . Stasiun ini memiliki enam jalur dengan jalur no . 3 dan 4 sebagai sepur lurus .


Awalnya Stasiun Pasar Senen hanya merupakan tempat pemberhentian sementara (stasiun Kecil) untuk layanan kereta api jalur Batavia-Bekasi yang dibuka pada tahun 1894 oleh Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij (BOS).  

semakin bertambah nya waktu dan semakin meningkatnya jumlah penumpang , maka dibangunlah Stasiun Pasar Senen oleh Staats Spoorwegen (SS) menjadi stasiun besar .

Tampak depan Stasiun Pasar Senen dari halaman parkir terlihat bangunan tempat penjualan tiket dan kanopi tambahan pada pintu masuk utama .

dengan adanya penambahan kanopi teritisan di atas pintu masuk untuk melindungi stasiun  dari air hujan , Stasiun Paasar Senen terlihat seperti bangunan 2 lantai yang padahal hanya memiliki 1 lantai saja .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar